Kubur Batu diTana Toraja

Pekuburan Batu Lemo

Kuburan Batu Lemo
Kuburan Batu Lemo

lemo

Souvenir Khas Toraja berbentuk miniatur tau-tau
Souvenir Khas Toraja berbentuk miniatur tau-tau

Kuburan Batu Lemo terletak di Jl Poros Makale – Rantepao, Kecamatan Makale Utara. Lemo artinya “jeruk”. Kuburan batu ini dinamai Lemo karena goa batunya terlihat seperti buah jeruk. Kuburan Batu Lemo ini berupa deretan liang batu yang terdapat di bukit cadas tempat penyimpanan jenazah. Kawasan pemakaman ini telah berusia ratusan tahun dan diperkirakan sudah ada sejak abad ke-16 sebagai tempat pemakaman kepala-kepala suku Toraja. Saat berkunjung ke Kuburan Batu Lemo, Anda akan disambut oleh jajaran Tau-tau (patung kayu orang yang sudah meninggal) yang berdiri rapi di depan liang. Di Pekuburan Batu Lemo ini juga terdapat tiga buah rumah tongkonan (rumah adat Toraja) dan juga mengunjungi rumah pengrajin tau-tau.

Pekuburan Goa Londa

Kubur Batu Londa
Kubur Batu Londa
Bagian dalam Kubur Batu Londa
Bagian dalam Kubur Batu Londa

londa

Selain di Kuburan Batu Lemo, Anda juga dapat berkunjung ke Pekuburan Goa Londa. Kuburan Londa berlokasi di Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi, kira-kira 5 km arah selatan Rantepao. Untuk mencapai lokasi makam Londa, Anda harus menuruni sejumlah anak tangga. Untuk memasuki kawasan gua makam Londa, Anda akan membutuhkan lampu petromax sebagai penerang. Di sebuah kaki tebing yang tinggi, mata Anda akan menangkap peti jenazah yang terselip di celah-celah dinding tebing. Anda juga akan melihat deretan tau-tau yang berjajar. Anda bisa mencoba untuk masuk ke dalam Goa Makam Londa. Goa Makam Londa ini memiliki kedalaman hingga 1000 meter. Saat menelusuri goa yang dipenuhi stalaktit dan stalagmit ini, Anda harus berhati-hati agar tidak sampai menginjak tulang atau tengkorak yang berserakan, apalagi memindahkan tulang-tulang itu. Ada juga beberapa bagian goa yang hanya setinggi satu meter sehingga Anda harus membungkuk.

Klikers, Anda tidak perlu merasa takut untuk berkunjung ke Goa Makam Londa ataupun ke Kuburan Batu Lemo. Namun, jangan sembrono juga. Jangan sekali-sekali iseng untuk memindahkan tulang atau tengkorak. Gunakan juga pakaian yang sopan. Pada saat upacara Rambu Solo, gunakan pakaian hitam atau berwarna gelap yang sopan. Jika Anda ingin berkunjung ke makam batu, ingatlah untuk meminta ijin terlebih dahulu kepada penduduk setempat dan perhatikan imbauan masyarakat lokal tentang aturan kunjungan. Biasanya Anda wajib meminta ijin dengan membawa sirih pinang atau bunga saat berkunjung ke sana.

Tana Toraja sudah menjadi salah satu tujuan wisata favorit wisatawan mancanegara. Yuk, kita sebagai orang Indonesia jangan mau ketinggalan! Mari ke Toraja….

sumber: http://www.klikhotel.com/blog/tana-toraja-pesta-kematian-dan-wisata-kubur-batu/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s